Android: Sebuah Kebudayaan Populer Hasil Teknologi Modern

“Android: Sebuah Kebudayaan Populer Hasil Teknologi Modern
oleh Yudio Azzani

Droider

          Dalam buku “The Popular Arts in America”, William Hammel mengatakan bahwa yang dimaksud dengan popular culture adalah kebudayaan massa yang  bersifat masal tidak menyentuh kelas atas dalam masyarakat. Kebudayaan populer berkembang sejajar dengan perkembangan teknologi modern.  Pemanfaatan teknologi telah digunakan manusia hingga zaman dahulu, mulai dari teknologi sederhana seperti mesin cetak karya Johaness Guttenberg hingga Microsoft besutan Bill Gates yang mendominasi operating system komputer dunia saat ini. Kebudayaan populer tidak bisa dipisahkan dari perkambangan teknologi dan arus globalisasi.

Dewasa ini, manusia kebutuhan manusia akan informasi adalah hal yang mutlak diperlukan, dengan adanya informasi manusia bisa mengikuti perkembangan zaman. Produsen dituntut mampu menyesuaiakan kebutuhan masyarakat dengan teknologi yang ada, seperti disaat sekarang ini handphone merupakan salah satu barang wajib yang diperlukan manusia untuk mempercepat komunikasi selain internet. Vendor berlomba untuk menciptakan handphone yang sesuai dengan kebutuhan manusia akan informasi dan komunikasi. Salah satu handphone yang marak dijumpai saat ini ialah handphone berbasis OS Android

Android pertama kali dikembangkan oleh perusahaan bernama Android Inc., dan pada tahun 2005 di akuisisi oleh raksasa Internet, Google . Sesuai perkembangannya Android semakin populer di dunia dan menjadi pesaing serius bagi para vendor handphone yang sudah ada sebelumnya seperti Nokia, Blackberry dan iPhone. Indonesia sebagai salah satu konsumen handphone terbesar di dunia seakan tak mau ketinggalan mencicipi Android. Di tahun 2012 ini, walaupun pangsa smartphone di Indonesia masih dikuasai Blackberry, namun Android siap mengancam. Pertumbuhan penjualan smartphone Android meningkat sangat signifikan dari tahun ke tahun. Sekitar 90% penjualan handset Android di Indonesia masih dikuasai oleh vendor global seperti Samsung dari Korea dan ZTE dari China. Lain dari itu, group Facebook “Android Indonesia” jumlah pengguna Android telah mencapai 15.058 member. Hal ini mungkin akan bertambah melihat angka penjualan yang semakin menanjak.

Keunggulan utama dari Adroid adalah aplikasinya yang sebagian besar gratis dan juga open source sehingga membuat smartphone Android dijual lebih murah dibandingkan dengan Blackberry atau iPhone meski fitur (hardware) yang ditawarkan Android lebih baik. Harga yang relatif terjangkau bagi kalangan mid-end hingga low-end dengan fitur yang tak kalah dari smartphone lainnya membuat Android menjadi handphone yang dicari oleh masyarakat Indonesia saat ini.

         Demikianlah, bahwa perkembangan kebudayaan populer tak dapat dipisahkan dari perkembangan teknologi modern. Khususnya, bangsa Indonesia yang seolah menjadi makanan empuk  pasar dunia.

DAFTAR KEPUSTAKAAN
Hammel, William M. 1977. The Popular Arts in America. New York: Harcout Brace Jovanovich

SUMBER INTERNET
http://www.infoteknologi.com/selular/apa-itu-android/
http://dailysocial.net/2011/11/11/gfk-asia-android-kuasai-asia-tenggara-kecuali-indonesia-dan-vietnam/
http://www.indonesiafinancetoday.com/read/8936/Vendor-Global-Kuasai-90-Penjualan-Android-di-Indonesia
https://www.facebook.com/groups/forumandroidindonesia/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: